Master Rem Nissin Samurai Radial 16

Pada kesempatan kali ini saya mau sedikit berbagi tentang pengalaman saya menggunakan master rem dari Nissin Samurai tipe Radial 16 mm, sebelum artikel ini saya tulis, saya telah menggunakan nya lebih dari seminggu. Jadi apakah ini layak untuk di beli? dan sebagai pedoman saja mungkin di antara teman masih bingung memilih master rem yang cocok untuk motor kesayangan.

Okey saya akan memulai cerita bagaimana pilihan saya jatuh pada merek ini. Sebenarnya banyak aspek yang jadi bahan pertimbangan saya, dan yang pasti tentu mengenai harga, ehem pokoknya pas di kantong dan jangan terlalu memaksakan ya bro, karena dari 6 bulan sebelumnya saya sudah ada niat mau upgrade pengereman  dan akhirnya baru terwujud sekarang, sedih ya maklum gaji karyawan hehe.

Kenapa saya mimilih Master Rem Radial Nissin Samurai

  • Yang pertama udah pasti dari Brand, siapa yang tidak tau merek ini? karena sudah menjadi EOM (original equipment manufacturer). Jadi tiap pabrikan motor menggunakan merek ini karena telah lulus uji dan sebagai part motor pabrikan standar/ utama di seluruh dunia. Yang saya tau cuma ada dua brand brake yang sudah EOM kalau ga Brembo ya Nissin.
  • Kedua, Panjang tuas handel rem, Kenapa saya memilih karena panjang handel rem pas untuk motor Ninja RR.
  • Dan yang pasti sudah PNP (plug en play) artinya tinggal pasang. 
  • Ketiga Harga, Harga yang masih terjangkau di kelasnya, untuk saat ini master rem radial harganya sudah sangat terjangkau. Sejak tahun 2015 Nissin sudah mengeluarkan produk master rem radial tipe kecil yaitu 14 mm dan sekarang sudah ada ukuran 16 mm, semoga aja pada tahun berikutnya ada ukuran 18 mm dengan harga yang terjangkau.
  • Socket lampu rem tinggal colok, karena nissin ini adalah original part pasti socketnya sama dengan bawa an pabrik. Jadi bro tinggal colok aja walaupun ini after market tapi sudah EOM. Jadi kemananan tetap terjaga ya bro.
  • Part yang lengkap dan bisa di beli terpisah, Jadi apabila ada kecelakaan dan ada bagian part yang rusak seperti handel, minyak rem dan lainya itu bisa di beli terpisah dan part nya pun mudah di cari.
  • Di buat di Indonesia, awalnya saya tidak tau kalau ini di buat di Indonesia, Nissin Samurai ini  dibuat oleh PT Chemco Harapan Nusantara yang pabrik nya berada di kerawang. 
  • Desain bagus dan kualitas bahan terbaik, okey ini adalah yang saya rasakan wow pas pertama unboxing ini master rem yang lumayan berat dengan bahan tebal dan kuat dari merek lain. Dari packaging aja sudah keliatan premium dan pasti ini bukan abal-abal lah hehe
  • Lebih Pede, yang ini wajib jika part motor yang teman gunakan adalah brand ternama pasti itu menjadi suatu kebanggan dan itu membuat kita lebih percaya diri gitu hehe.
  • Yang terakhir adalah Master Rem ini Tidak Pasaran. Banyak merek-merek lain yang sering kita liat seperti merek Brembo, RCB, KTC dan lainnya itu sudah biasa bro, jadi saya mau sedikit mau berbeda. Jadi tiap berhenti atau di lampu merah orang-orang pada nge-lirik malah sampai nanya  “Om ini master rem Nissin? beli dimana kok beda ya dari pabrikan nya dan bla bla.. hehehe 

Baca juga : 10 Point Penting Belajar Adobe Illustrator

Apa Perbedaan Master Rem Radial dan Biasa?

Perbedaan terletak pada posisi Piston, kalau Radial saat bekerja pistonnya searah dengan gerakan saat kita menekan tuas rem. Sedangkan master rem biasa atau disebut Axial tidak searah.

Tipe Radial hanya biasa kita jumpai pada motor yang mempunyai kapasitas mesin besar, seperti motor di atas 600cc, motor sport dan pada dunia balap Moto GP, di karena kan piston searah maka kinerja yang di keluarkan makin besar itu membuat rem semakin responsif dan pakem.

Kalau di lihat secara mata perbedaan terletak pada tabung minyak rem, kalau Axial menyatu dengan tuas sedangkan Radial terpisah, harga master rem radial pasti lebih mahal dari jenis biasa.

nissin radial okamotret
Penampakan Master Rem Nissin Radial Terpasang di Ninja RR

Harga Nissin Samurai Radial 16mm 

Karena merek ini sudah kualitas export sampai ke UK pasti harga yang di tawarkan berbeda di tiap negara, dan kelebihan lain nya bro kita beruntung dapat harga lokal jauh lebih murah. Lo kebayang gak kalau di negara tetangga kita bilang “ini master rem kelas hedon” karena harga disana mahal.

Coba aja teman cek harganya di Shopee Malaysia pasti beda jauh dengan harga di Indonesia begitu juga kalau teman beli buatan malaysia dari harga normal 500 ribuan eh sampai disini jadi 1 juta lebih. Sayang banget kan yah hehe.

Jadi murni kita beli brand sudah terkenal, kualitas terbaik dan bebas pajak import hehe. Ini menurut pendapat saya, di bawah ini bisa teman lihat perbedaan harga dan teman juga bisa cek di shopee berapa harga brand merk lokal disana, seperti RC* eeeiitss saya tidak bisa sebutkan merek ya, hehehe

Shopee Ind
Perbandingan Harga dari Shopee Malaysia dan Indonesia
Shopee May

Cek Video : Gear Set Rantai Motor TK Racing

Perjuangan membeli Nissin Samurai Brake Radial 16 mm

Kenapa saya memberikan sub judul ini, karena emang benar bro ini butuh perjuangan karena saya ingin mencoba untuk membeli langsung ke toko, karena beda jika kita beli langsung ke toko kita bisa liat langsung dan memilih. 

Jadi saya mulai cerita ya, sebelum membeli via online saya mencoba mencari dari toko ke toko, siapa se tidak tau kebun jeruk sawah besar sarang nya part after market nah disana sudah saya cek dan tidak ada satupun yang menjual merek ini, ada yang jual tapi alasan lagi soldout, kebanyakan yang di jual merek RCB, KTC, Daytona dan lainya

Dan saya terus mencari sampai ke jalan Otista lumayan jauh ya dan disana saya kaget yang dijual pada Kawe (tidak asli) semua mulai dari merek Brembo KW hingga Nissin KW, karena saya kaget pas nanya harga 300 ribuan eh om ini asli apa KW om, kata saya ehh orang toko cuma tersenyum manis dan sambil berkata “asli mas, tapi buatan Thailand” eh gua makin bingung haha.

Jangan main-main bro dengan pengeraman karena ini sangat fatal, kalau bisa beli langsung di marketplace official nya, seperti saya beli langsung ke Chemco Official Shopee. Dan jangan pernah membeli produk KW itu bahaya sama aja lo bermain sama nyawa, mending pake yang bawa an pabriknya dari pada beli abal-abal bro gak kebayang kan pas ngerem eehh lost rem blong.. wadidau, Bahaya.!!

Box Nissini samurai
Unboxing || Akhirnya yang di tunggu-tunggu datang
Nissin Radial

Pengalaman menggunakan Nissin Samuarai Radial 16mm

Untuk pengalaman pertama yang saya rasakan pasti jauh berbeda dengan master rem bawaan pabrik, ini feelnya dapat dan pengereman dapat di rasakan dengan baik dan yang pasti responsif dan pakem.

Eh jangan cuma pakem doank bro tapi kalau tidak dapat merasakan bisa-bisa terik dikit langsung ngunci kan bahaya seperti yang pernah saya rasakan pinjam motor teman sudah double disc, menggunakan kaliper 4 piston, master radial big (saya gak mau sebutkan merek) yang pasti bukan OEM eh tapi bahaya, saya gak bisa feel buat ngerem walaupun sudah pakai satu jari, pas di tarik dikit eits langsung ngunci bahaya juga ne bro, kalau kaget ada kucing lewat,.. yaah wasalamm kedubrak hahaha.

Jadi ini adalah pengalaman pribadi saya tanpa ada maksud menjatuhkan brand lain, ini murni untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Apabila ada yang keliru atau salah, silahkan tulis pada kolom komentar ya bro.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman yang sedang bingung memilih master rem radial yang cocok buat motor kesayangan dan ini bisa menjadi inspirasi dan pedoman buat teman semua.

Artikel ini murni tidak ada kerjasama atau hubungan Endorsement sama pihak brand Nissin. Untuk detil produk dan pertanyaan lebih jauh silahkan tanyakan langsung ke website Nissin https://www.chemco.co.id/ atau akun resmi nya Chemco.

Terimakasih  telah membaca.. ciao.!! dan jangan lupa di share ya bro.