10 Point Belajar Adobe Illustrator | Part 1

Adobe Illustrator adalah software yang sangat terkenal dan terkemuka untuk pengolahan gambar berbasis vector, menurut saya hanya ada satu saingan berat  aplikasi vector ini yaitu Coreldraw. Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips point penting apa aja yang harus sobat ketahui dalam belajar Adobe illustrator.

AI

Adobe illustrator mempunyai tool yang sangat kompleks, Anda bisa menggunakan untuk bermacam kebutuhan design dari cuma pembuatan ikon, logo, kartu nama, flyer(promosi) bahkan pembuatan ilustrasi yang futuristik yang bisa di implementasikan ke Web Design dengan format HTML dan CSS.

10 Point penting belajar Adobe Illustrator 

Saya juga memberikan video tutorial yang akan sangat membantu sobat dalam berbagai kasus penggunaan, dan bagi yang sudah mengenal  software ini akan membantu untuk mempertajam ingatan, baik anda seorang design graphic pemula atau yang sudah berpengalaman, Anda akan menemukan tutorial Adobe Illustrator gratis disini

Baca juga : Review Soundcard recording

1. Membuat ArtBoard Illustrator (Lembar kerja) :

Pada Tutorial pertama ini saya akan menunjukan cara membuat new artboard dan duplikat artboard dalam satu project dengan teknik cepat. Anda juga dapat mengatur elemen desain pada berbagai artboards, dan kemudian mencetak atau mengekspornya satu per satu. Untuk membuat/ edit artboard pada Ilustrator ada 3 teknik okey langsung saja kita lihat video tutorial di bawah ini.

2. Cara membuat text, edit text di Illustrator

Sebagai permulaan, Kamu akan belajar cara membuat teks sederhana dan bagaimana cara mengubahnya menjadi bentuk vektor. Dan di sini juga saya akan memberikan tutorial cara menginstal font untuk program Adobe Illustrator ke komputer Anda.

Berikut poin dasar yang akan anda pelajari di dalam tutorial :

  • Memasukan text dalam suatu point atau titik
  • Memasukan text kedalam suatu layar atau area
  • Teknik Import text mengikuti path atau shape
  • Memberi text kedalam objek dengan tool Placeholder
  • Mengelola dan mengubah ukuran area text
  • Menentukan jarak serta baris dalam kolom text
  • Menyusun text mensejajarkan dengan objek gambar

3. Cara menggunakan Pen Tool ().

Baik pada step ke tiga ini kita akan bahas pen tool, pasti sobat yang baru belajar design ini adalah hal yang di bilang sulit dan sangat menakutkan, eits sebenarnya hal ini dapat dengan mudah di pelajari asal sobat harus sering menggunakan ini untuk berlatih seperti membuat sketsa, gambar, icon, logo dan lainya. Setelah menguasai tool ini, sobat bisa membuat apa saja di Adobe Illustrator.

Dengan menguasi ini sobat dapat membuat grafik yang luar biasa , karena ide-ide tersebut bisa di lukisakan dalam sebuah vector yang mengagumkan. Banyak tutorial yang berada di youtube dan itu sangat mudah di temukan, lihat bagaimana seoarang design graphic profesional mengunakan tool ini untuk mengambar wajah menggunakan vector, hasilnya luar bias.!  Saran saya , dorong diri sobat untuk ahli menggunakan ini, karena tidak sesulit yang sobat pikirkan!

pen tool adobe illustrator

Kategori fungsi Pen Tool :

  1. Gambar dengan gaya lurus
  2. Gambar dengan kurva 

Silahkan klik link disini untuk mendapatkan tutorial lengkap cara menggunakan Pen Tool.

Clipping Masks berguna untuk memasukan gambar ke dalam sebuah pola vector, mungkin ini buat sobat bingung. Tapi ini tidak sulit, karena menunya mudah di cari, setiap pemula harus belajar menggunakan tool ini.

Misalnya sobat membuat pola vector gambar bintang, lingkaran atau gambar lainnya yang sesuai dengan design yang sobat mau. Sesudah itu silahkan cari gambar (foto) dan masukan ke dalam pola tadi.

Saya sangat merekomendasikan tool Clipping dan Opacity Masks dalam belajar Tutorial Adobe Illustrator. Karena ini Banyak di gunakan untuk membuat katalog, dimana gambar produk dan design di satukan dalam pola/ line vector. 

clipping mask illustrator

Caranya sangat gampang yaitu dengan klik kanan lalu pilih menu make clipping mask, atau dengan cara cepat menggunakan shortcut yaitu ctrl + 7

Warna hal yang sangat utama dalam dunia design di Illustrator sobat akan menemukan banyak warna pilihan. Ada empat kategori warna (color model) dalam dunia design :

  • CMYK kepanjanganya (Cyan Magenta Yellow Key/ Black), adalah proses pencampuran 4 warna yang sering digunakan dalam dunia percetakan offset & printing.
  • RGB (Red Gren Blue) adalah suatu color model yang terdiri atas 3 buah warna: merah, hijau, dan biru.
  • HSB (Hue Saturation Brightness) adalah model warna yang sering di gunakan untuk pengecetan dan seniman lukisan.
  • LAB Mode warna ini memiliki tiga komponen, yaitu kecerahan L (Lightness), komponen A (warna dengan range hijau hingga merah), komponen B (warna dengan range biru sampai kuning).

Banyak yang harus sobat pahami dan itu tidak bisa saya berikan penjelasan detil, karena pilihan warna di Illustrator itu banyak teknik dan penjelasanya luas, karena dalam color model itu banyak pilihan, ada namanya color books, natural, metal bahkan di dalam model pantone color itu ada kodenya lagi, bisa penuh artikel ini kalau saya jelasin semuanya haha. Okey untuk mengatahui bagaimana proses memberikan dan cara membuat warna di atas silahkan simak aja video youtube saya, okey.

color mode di adobe illustrator

Ada beberapa mode atau teknik memberikan warna terhadap objek di Illustrator yang wajib sobat ketahui yaitu, bagaimana caranya :

  1. Memberikan warna gradient 
  2. Membuat warna pada outline , baik itu garis putus-putus dan stroke
  3. Memberikan warna solid atau biasa di sebut fill color
  4. Membuat effect pada warna seperti brush, glossy , metal atau effect cahaya sinar matahari (flare)
  5. Menyimpan warna pilihan lalu cara export color tipe dan lainya.

 

Bersambung ke part 2