10 point belajar Adobe Illustrator| Part 2

Pada tutorial sebelumya part 1 kita sudah membahas 5 point penting dasar-dasar belajar illustrator. Pada kesempatan ini saya akan meneruskan 5 point lagi dan  anda juga bisa melihat video tutorial yang terdapat pada konten ini secara gratis.

6. Memanfaatkan tool pada Patfinder

Pathfinder adalah salah satu tools yang digunakan untuk memotong-motong objek atau pun menggabung-gabungkan setiap objek di illustrator. Untuk menampilkan tool ini, Anda cukup menekan shorcut shift+ctrl+F9.

Ada dua macam jenis Pathfinder yang sering digunakan : 

  • Unite : untuk menggabungkan sebuah object
  • Divide : untuk memisah-misahkan object menjadi potongan-potongan kecil.

pathfinder

7. Menggunakan brush tool di adobe ilustrator

Ada satu fungsi di dalam Adobe Illustrator yang harus Anda kuasai yaitu belajar untuk membuat dan menggunakan brush tool. Tidak hanya di photoshop, brush atau kuas ini juga ada illustrator dan prinsipnya hampir sama. Tapi ini sangat berat dan memkan memory komputer Anda, jadi harus gunakan dengan maksimal, okey.

Ada berbagai jenis kuas di Illustrator:

  • Kaligrafi brush, brush ini seperti guratan yang digambar dengan titik siku pena kaligrafi dan digambar di sepanjang kertas kerja.
  • Scatter brush, membuat salinan objek hingga berbentuk seperti daun atau benda lain
  • Art Brushes, membentuk objek secara merata di sepanjang garis.
  • Patern Brushes, yaitu brush yang telah di bentuk dari beberapa pola seperti rangkian ubin, ada sudut dalam dan sampai luar.

 

8. Memberikan effect opacity mask

Masking Opacity memungkinkan Anda menutupi area objek dan kemudian secara selektif membiarkan apa pun yang ada di bawahnya terlihat. Kata opacity adalah ukuran seberapa tembus pandang suatu objek. Semakin buram maka semakin sedikit tembus pandang.

Jadi menambahkan tipis objek berarti Anda membiarkan beberapa cahaya masuk tetapi tidak semua. Ini sangat berguna untuk menciptakan efek cahaya yang realistis. Di dunia nyata, cahaya mendefinisikan bentuk dengan cara memantulkan nya. Di Illustrator kita bisa mendekati ini dengan menggunakan opacity masks.

9.Menyimpan hasil desain dengan benar

Betapa pun hebatnya karya seni design yang Anda buat, dan akhirnya jatuh pada saat terakhir yaitu cara save file (penyimpanan) . Dan saya tidak ingin Anda melakukan kesalahan, karena save atau export adalah fungsi fundamental. Jika Anda mengabaikan semua yang saya tulis di sini hari ini, percuma berapa banyak karya Anda tapi tidak bisa di publish dan di save dengan aman.

Baca juga : Trik memperkecil ukuran save file Illustrator

Selain itu anda juga bisa melakukan export dalam bentuk image seperti file Gif dan Jpeg, tapi saya sarankan Anda harus menyimpan file mentah nya terlebuh dahulu, luangkan waktu anda untuk menyimpan tiap beberapa menit sebelum lampu mati dan semuanya jadi percuma kan.

Selain itu di illustrator ada beberapa pilihan export seperti save for website, ini berguna untuk membuat file design yang  di tempatkan pada website, karena file tersebut telah di optimal kan se ukuran website, baik itu dari resolusi, DPI dan ukuran file.

10. Keinginan untuk belajar

AIPoint terakhir untuk belajar Adobe Illustrator adalah keinginan besar untuk mulai belajar, itu adalah poin yang sangat penting jika terjun ke seni vektor design. Memang untuk menjadi desain yang profesional itu tidak mudah dan tidak bisa instant dalam semalam.

Putuskan lah sekarang design graphic itu tidak cuma jadi hobi, tapi bisa menambah penghasilan Anda. Walaupun seorang design graphic profesional dia tetap memulai dari nol.

Apabila informasi ini sangat membantu dan bermanfaat, silahkan bagikan dan jangan lupa subscribe juga channel youtube Okamotret. Salam sukses .. Ciau..!!