Tips & trik Fotografi Portrait Outdoor

Tips Fotografi Outdoor

Dalam fotografi outdoor, anda harus mempertimbangkan background atau latar belakang foto, bagaimana pencahayaannya serta komposisi yang pas seperti yang di harapkan.

Untuk merencanakan pemotretan outdoor (luar ruangan) Anda harus siap untuk situasi yang tak terduga yang bisa saja terjadi.

Selain mempertimbangkan waktu dan kondisi cuaca  Anda juga harus mempunyai peralatan yang lengkap dan memadai agar hasil foto seperti yang di inginkan.

Berikut 5 Tips fotografi outdoor yang dapat meningkatkan kualitas foto  Anda :

1. Memotret pada cahaya matahari lembut.

Jadwal foto outdoor yang terbaik adalah saat matahari baru keluar atau saat matahari mau turun seperti pada pagi hari yaitu pukul 6.00-9.00 pagi dan saat sore pukul 16.00-18.00.

Memotret pada jam ini tidak hanya menawarkan pencahayaan yang baik tapi juga melengkapi komposisi cahaya yang lebih natural.

2. Menggunakan reflektor

Tips fotografi berikutnya Memotret outdoor bisa saja menentang matahari, ini bisa saja membuat hasil foto gelap dan kekurangan pencahayaan pada subjek.

Solusinya anda bisa saja menggunakan reflektor untuk memantulkan sinar matahari ke objek dengan cara mengambil sudut berlawan matahari dan diarahkan ke objek. 

Reflektor juga mempunyai bermacam-macam warna yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda, tergantung anda mau memainkan nya.

Baca juga : Awarding Day “Animal Photo Competition”

Misalnya untuk reflektor berwarna emas pada dasarnya berfungsi sebagai untuk membuat efek emas pada objek, sedangkan warna putih/ silver menghasilkan warna netral pada saat cahaya matahari di pantulkan. 

Anda harus memiliki asisten dalam membantu proses pemotretan ini, untuk memegang dan mengarahkan reflektor pada saat anda melakukan pemotretan .

3. Gunakan lensa tele dan tripod

Untuk membuat foto potrait terbaik Anda harus menggunakan lensa tele dengan fokus tetap dengan kapabilitas f-stop rendah.

ni memungkinkan Anda membuat bokeh lembut dan halus seperti yang diinginkan kebanyakan fotografer.

Untuk memotret dengan zoom maksimal pada lensa tele 70-300 atau sejeninsya anda wajib menggunakan tripod / monopod untuk menghindari buram pada saat anda menekan shuter.

Penjelasan cara setingan kamera Nikon Link

Saya sendiri menggunakan tripod saat pengambilan gambar karena saya harus menunggu momen pas, bisa saja menunggu hingga setengah jam untuk mendapatkan satu bidikan yang pas.

Gak kebayang kan tangan anda memegang kamera dengan posisi stanbay selama itu , uuff.. pasti pegal gaes.

4. Penggunaan Flash juga di butuhkan walaupun di luar ruangan

Anda mungkin bertanya-tanya untuk apa menggunakan flash di luar ruangan disaat cahaya matahari sudah ada

Lampu flash dsini berfungsi untuk menghilangkan bayangan yang keras pada belakang objek, bayangan jahat ini biasanya hadir pada saat Anda melakukan pemotretan pada siang hari yaitu pukul 11.00-15.00. 

Salah satu trik yang sangat penting adalah dengan cara meletekan Flash pada sisi objek dimana ada bayangan.

Apa bila anda menggunakan lebih dari satu flash anda juga bisa meletakan flash ke belakang, tergantung selera anda mau memainkannya lighting di sekitaran subjek.

5. Hindari sinar matahari langsung

Tips fotografi lainnya untuk membuat foto berkualitas adalah menghindari pemotretan langsung di bawah sinar matahari.

Selain menjadi beban ke mata subjek yang di foto, cahaya matahari keras juga dapat menciptakan kontras yang kuat, sehingga hasilnya tidak menarik.

Untuk menghindarinya Anda harus memindahkan subjek yang di foto ke tempat yang lebih teduh. Gunakan sedikit cahaya matahari masuk ini dapat membuat foto anda lebih baik.

Tips dan trik Fotografi Outdoor : Okamotret