Ukuran Flyer yang Harus Diketahui

Hai sobat, kali ini saya akan membahas ukuran apa yang sering di gunakan untuk membuat Flyer serta apa saja konsep yang harus di persiapkan sebelum masuk ke project design.

Apa itu Flyer ?

Flyer adalah selebaran dengan ukuran kecil yang dicetak untuk di bagikan kepada pelanggan Anda. Flyer bisa juga di sebut Leaflet karena informasinya lebih ringkas, padat dan design dengan menarik dimana tidak terlalu banyak text, hanya berisi info-info secara garis besar karena untuk dibaca secara cepat. Ini berguna untuk menarik konsumen.

Flyer/Leaflet atau lebih akrab disebut juga dengan Selebaran. Bahkan sekarang ini ada Flyer yang di design kostum seperti lipat 2, lipat 3 bahan terlipat 4.

Ukuran Flyer 

Ukuran beragam, yang biasa saya gunakan adalah dengan ukuran :

Tipe FlyerUkuran P x L (cm)Bidang kertas A3
Costume21 x 9,56 pcs
A329,7 x 421 pcs
A421 x 29,72 pcs
A521 x 14,84 pcs
A610,5 x 14,84 pcs

Tabel di atas adalah ukuran flyer yang sering di gunakan, Anda juga bisa membuatnya dengan ukuran kostum dan unik tapi ini sangat jarang, karena sebelum membuat kita harus perhitungkan dulu kertas yang mau kita pakai, supaya tidak mubazir dan lebih irit cost. Contoh kita buat flyer dengan ukuran A5 jadi kita perlu cari bidang kertas ukuran A3 untuk sekali cetak sudah dapat 4 lembar, seperti contoh gambar dibawah ini .

flyer oka
Kita dapat 4 pcs flyer A5 dalam bidang A3

Jadi kenapa banyak yang menggunakan ukuran A5 karena ukuran itu pas dalam bidang kertas A3 kita dapat jumlah 4 pcs, Tujuanya kan irit dan lebih murah jadi tidak buang-buang kertas.

Kenapa menggunakan bidang kertas A3?

Sebenarnya untuk membuat flyer sobat harus mengetahui berapa quantity atau jumlah yang akan di cetak. Jika sobat hanya membuat flyer dengan jumlah sedikit misalnya cetak 2 rim (1000 pcs) jadi cuma perlu menggunakan bidang kertas A4 untuk sekali cetak dapat 2 pcs jadi lebih irit ga perlu menggunakan bahan A3 karena untuk offset kita menggunakan plat cetakan makin besar makin mahal harga platnya.

Baca juga : Biaya jasa foto produk

Dan untuk bahan kertas artpapper sendiri tidak ada yang menggunakan ukuran A3, A4 , dan lainya . Jadi artpapper itu adalah bahan kertas dengan ukuran besar biasa yang di sebut dengan ukuran plano, setelah kertas artpapper plano kita beli dan di potong sesuai ukuran yang akan di cetak, biasa bidang A3 atau A4 sesuai ukuran mesin offset/plat.

Apa itu ukuran Plano?

Ukuran Plano adalah ukuran kertas yang belum dipotong. Sedangkan ukuran kertas jadi adalah ukuran kertas yang sudah selesai dipotong, disesuaikan dengan kebutuhan cetakan. Ukuran plano berbeda antara satu jenis dengan yang lainnya.

Dan di plano artpapper sendiri ada 3 jenis ukuran yaitu :

  • Ukuran Plano Kecil : 65×91 cm
  • Ukuran Plano Sedang : 65×100 cm
  • Ukuran Plano Besar : 79×109 cm

Nah ini udah masuk ke ilmu offset ya sob, lain kali saya akan buat Tutorial cara cetak offset yang benar, mulai dari garis pinggir untuk potongan, adding bleed, jarak padding serta ukuran bahan supaya dapat harga lebih irit dan murah. Jadi sobat mengerti kenapa makin banyak quantity cetakan membuat harga semakin murah, karena sekali perkerjaan dan menggunakan plat mesin offset yang sama. Kalau ada yang mau cetak silahkan langsung hubungi okamotret.

Mau cetak Flyer, cepat murah dan bagus di okamotret aja dapatkan gratis biaya design dan ongkos kirim di seluruh Indonesia.

Beberapa jenis bentuk Flyer seperti contoh gambar di bawah ini :

Flyer okamotret
Ukuran 1/3 kertas A4 model lipat (21 x 9,5 cm)

 

Flyer okamotret
Ukuran A4 cetak 2 Sisi

 

Brochure Kostum Lipat
Brochure kostum dan lipat

 

Brochure okamotret
Ukuran A5

 

Bahan atau kertas

Selain ukuran brochure, Anda juga perlu untuk mengetahui jenis kertas apa saja yang diinginkan. Jenis kertas pada brosur beragam seperti HVS ketebalan 100 gsmArt Paper 150 gsmMatt Paper 150 gsmArt Carton (190 gsm, 230 gsm, 260 gsm). Dengan mengetahu jenis kertas, akan memudahkan Anda untuk memilih bahan pembuatan brosur supaya memiliki kualitas bagus dan cocok jika dijadikan brosur.

Tips Membuat Promosi

Selain pemilihan kata dan kalimat yang bagus juga harus dipertimbangkan sebelum membuat promosi adalah design yang menarik simple dan tidak terlalu rame.

  • Judul flyer harus jelas dengan font besar biasa berisi tentang photo produk, discount atau promo lainya.
  • Buatlah text seringkas mungkin dan jangan text keliatan besar semua.
  • Gunakan image atau photo yang menarik jangan menggunakan image dari google karena selain melanggar hak cipta sobat juga mendapatkan resolusi yang rendah.
  • Gunakan maksimal 3 warna itu sudah cukup
  • Background yang simple dengan warna solid supaya pembaca fokus pada isi konten promo.
  • Berikan informasi no telp dan social media pada bagian bawah flyer.
  • Gunakan jasa design graphic yang berpengalaman seperti okamotret.

Design sangat berpengaruh untuk promosi Anda jadi percayakan pembuatan design nya pada orang yang berpengalaman saya akan mewujudkan desain yang Profesional dan menarik silahkan hubungi Okamotret.com