Hal yang perlu diteliti saat memilih makanan kucing

Ada banyak produk makanan kucing dari berbagai produsen dijual di Indonesia, mulai dari harga yang fantastis hingga harga yang super terjangkau oleh kantong. Makanan kucing terdiri dari dry food (makanan kering) dan wet food (makanan basah), makanan kering adalah yang berbentuk kibbles atau pelet dan makanan basah adalah yang berbentuk kalengan atau sachet.

Beberapa merek ternama di Indonesia yang dijual dengan harga yang lumayan fantastis adalah: Royal canin, Pro Plan, Blackwood, dll. Sementara itu beberapa brand dengan harga yang terjangkau yakni Whiskas, Friskies, Maxi, dll.

Dalam memilih makanan kucing, harga mungkin boleh menjadi pertimbangan namun Kesehatan dan manfaat untuk kucing kesayangan anda tetap harus menjadi prioritas.

Bayangkan jika anda mengeluarkan budget minim untuk  makanan kucing anda tetapi 1 tahun kemudian kesehatan kucing anda menurun sehingga anda banyak mengeluarkan uang untuk biaya ke dokter hewan.

Berikut ada beberapa hal yang harus diteliti dalam memilih makanan kucing:

Baca Juga : Beaphar Pet Calmer Review

  1. Bahan/Ingredients

Hal mendasar dalam memilih dry food atau wet food untuk kucing adalah bahan utama produk tersebut. Jika 5 bahan utama yang disebutkan dalam list ingredients adalah protein hewani makan makanan kucing tersebut memenuhi kriteria untuk kucing anda.

Kucing hakikatnya adalah karnivora dan mereka butuh protein yang tinggi untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

Simak beberapa ingredients yang ada pada berbagai brand makanan kucing berikut:

bahan

 

  1. Kecocokan untuk system pencernaan kucing

Setelah anda memutuskan untuk memilih salah satu brand wet food/ dry food, perhatikan kucing anda setelah mencoba makanan tersebut. Kucing akan menunjukan gejala seperti muntah, diare saat tubuhnya menolak untuk mencerna makanan tersebut.

Beberapa kucing bahkan ada yang tidak mau menyentuh makanan itu sama sekali untuk menunjukan ketidaksukaannya, untuk mensiasatinya anda bisa mencampurnya sedikit demi sedikit dengan brand sebelumnya yang dikonsumsi kucing dan terus tingkatkan takaran makanan baru hingga 7-10 hari kucing bisa memakan makanan baru seutuhnya.

  1. Harga

 Hal selanjutnya yang perlu diteliti saat memilih makanan kucing adalah harga, yang sesuai dengan kantong anda namun jangan lupa perhatikan point 1 dan 2 diatas.

Anda bisa membeli dry food atau pelet dari pabrikan terkenal yang kualitasnya bagus dalam bentuk kemasan repack yang harganya lebih terjangkau.

Ingat, kesehatan kucing kesayangan anda tetap adalah prioritas. Salam pencinta kucing 😊 sampai jumpa di blog tentang kucing selanjutnya.  

author by : Suci Hanifah